Amankah Minyak Zaitun Jadi Pelumas Hubungan Seks ? Ketahui Faktanya!



Pelumas penting untuk digunakan pada saat berhubungan intim. Benda ini tak hanya membuat bercinta lebih nyaman, namun juga meningkatkan kenikmatan.

Hal ini dapat berfungsi untuk mencegah rasa sakit dan radang.

Salah satu minyak alami yang bisa dipakai adalah minyak zaitun.

Sayangnya, pelumas yang berbasis minyak seperti minyak zaitun ini bisa merusak kondom lateks. Bisa jadi pelumas ini akan membuat alat kontrasepsi tersebut tak efektif, atau tak mencegah infeksi menular seksual (IMS).

Melansir Healthline, pelumas yang berbasis minyak, seperti minyak zaitun, seringkali lebih tebal dan bisa bertahan lebih lama dari jenis lainnya.

Sedangkan pelumas berbasis air tak akan bertahan lama dan bisa mengering dengan cepat, namun aman digunakan dengan kondom.

Untuk pelumas berbasis silikon lebih tahan lama daripada pelumas berbahan dasar air, tetapi jenis ini akan merusak 'mainan silikon'.

Masalah utama dengan menggunakan minyak zaitun sebagai pelumas ialah jika minyak menyebabkan lateks rusak, bahkan ini terjadi dalam beberapa menit.

tapi, Anda bisa menggunakan produk berbasis minyak dengan kondom sintetis, seperti kondom poliuretan.

Masalah lain ialah jika minyak zaitun minyak berat dan tak mudah diserap ke dalam kulit. Ini bisa menyumbat pori-pori Anda, terlebih jika tak langsung mencucinya.

Pori-pori yang tersumbat bisa menyebabkan iritasi, yang kemudian dapat menyebabkan infeksi. Minyak bisa menjebak bakteri di vagina,anus dan bisa menyebabkan infeksi.

Kebanyakan orang tak alergi terhadap minyak zaitun, namun ada kemungkinan kecil Anda bisa saja.

Sebelum menggunakan minyak zaitun, lebih lakukan uji tempel dengan mengoleskan sedikit minyak zaitun ke area kulit di lengan.

Jika Anda mengalami ruam ataupun gatal-gatal itu berarti Anda alergi terhadap minyak zaitun dan tak boleh menggunakannya sebagai pelumas.



Artikel Terkait