Cemilan Nikmat Yang Sehat untuk Ibu Hamil



Untuk anda ibu hamil, alangkah baiknya jika menghindari cemilan yang kaya akan lemak juga gula seperti biskuit, es krim, minuman bersoda, minyak, krim, cake, serta mentega. Dan masih banyak pilihan cemilan nikmat yang sehat untuk dikonsumsi bagi ibu hamil.

Cokelat

Selain enak untuk ngemil, coklat juga memiliki banyak manfaat yang bagus untuk ibu hamil. Coklat memiliki manfaat mampu menurunkan risiko preeklamsia, yang bisa menyebabkan hipertensi serta kerusakan organ ibu hamil. Meski demikian, untuk memperoleh manfaat cokelat, hindari yang memiliki rasa terlalu manis.

Jus jeruk

Selain memiliki rasa yang segar, Jus jeruk juga mengandung asam folat dan kalium, yang bisa mencegah kelainan pada janin, menjaga fungsi otot dan juga metabolisme ibu hamil. Selain ini, pada minuman juga terkandung vitamin C yang bisa membantu meningkatkan penyerapan zat besi, juga menjaga kesehatan gigi dan tulang anda ataupun sang bayi.

Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu makanan super untuk ibu hamil. Hal ini juga dikarenakan oatmeal kaya akan karbohidrat kompleks dan serat. Selain itu, terdapat juga kandungan magnesium dan mineral zinc (seng). Namun perlu anda ketahui juga untuk tak mengonsumsi terlalu banyak yang sudah diberi pemanis. Atau anda bisa memiliki oatmeal instan tanpa pemanis dan juga sebagai pelengkapnya Anda bisa menambahkan buah atau kacang.

Popcorn

Popcorn adalah salah satu yang bisa membantu meringankan sembelit yang dialami ibu hamil, hal ini juga dikarenakan popcorn kaya akan serat. Namun, hindari membuat popcorn dengan garam ataupun mentega secara berlebihan.

Yoghurt

Sebagaimana produk olahan susu lainnya, yoghurt juga terdapat kalsium yang sangat bermanfaat untuk tulang dan gigi. Selain itu, yoghurt juga sebagai menjadi sumber probiotik  yang bisa menekan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi sehingga risiko persalinan prematur, risiko infeksi pada masa kehamilan, eksim, dan alergi pada bayi dapat berkurang. Pilih yoghurt tanpa rasa yang rendah gula, dibandingkan yang dilengkapi berbagai rasa.

Alpukat

Alpukat kaya asam folat alami yang mudah diserap tubuh. Selain ini, Alpukat juga kaya akan kandungan lemak tak jenuh yang bagus untuk janin. Pada alpukat juga terkandung nutrisi seperti kalium dan karnitin.

Ubi

Pada ubi terdapat kandungan nutrisi yang cukup lengkap antara lain serat, vitamin B, vitamin C, kalium, zat besi, mineral copper (tembaga), dan beta karoten yang bisa diubah menjadi vitamin A pada tubuh. Pada janin, vitamin A sangat penting supaya pembentukan mata, tulang, dan kulit.



Artikel Terkait