Hal yang Menyebabkan Buang Air Kecil Terasa Sakit



Mungkin semua orang pernah mengalami sensasi nyeri dan perih pada saat buang air kecil. Kondisi ini tak mengacu pada frekuensi buang air kecil. Banyak faktor yang menyebabkan rasa sakit pada saat buang air kecil, di antaranya.

1. Kurang minum air putih

Penyebab paling dasar kamu merasa sakit pada saat buang air kecil yaitu kurangnya cairan pada tubuh. Selain terasa sakit pada saat buang air kecil, tanda lainnya ialah air kencing berwarna kecoklatan.

Oleh karena itu, biasakan minum air putih secara teratur setiap hari, ya. Agar tak berakibat fatal kepada kesehatan kamu.

2. Sering menahan buang air kecil

Kebiasaan menahan buang air kecil pun bisa menjadi pemicu sakit saat buang air kecil. Hal ini karena membuat urine menumpuk pada kantung kemih dan ginjal. Akibat terlalu lama menahan, urine pun tertahan dan pada saat dibuang menimbulkan rasa sakit.

3. Infeksi saluran kemih

Infeksi pada saluran kemih diakibatkan dari berbagai faktor, seperti terjangkit bakteri escherichia coli, iritasi pada saat melakukan hubungan intim, pada saat sembelit mengejan terlalu berlebihan dan lain sebagainya.

Infeksi pada saluran kemih ini bisa terjadi pada uretra, kandung kemih, ginjal dan saluran kemih lainnya. Tapi yang paling umum, infeksi saluran kemih ini mengenai kandung kemih dan uretra.

4. Batu kandung kemih

Batu kandung kemih adalah gumpalan mineral yang mengeras yang terdapat pada kandung kemih. Hal ini juga bisa terjadi ketika anda tak mampu untuk mengosongkan kandung kemih secara sempurna.

5. Batu ginjal

Rasa sakit yang dihasilkan dari batu ginjal bukan hanya terasa pada saluran kemih saja, melainkan juga pada punggung, pinggul dan tulang rusuk pun juga pasti akan terasa sakit.

Batu ginjal adalah endapan dari asam garam dan mineral yang membentuk kristal. Batu ginjal juga terbentuk melalui urine yang terkonstrasi dan melekat satu sama lain pada saluran kemih.



Artikel Terkait