Girls, Ini Penyebab Umum Terjadi Pendarahan Setelah Berhubungan Seks



Adanya bercak darah yang anda temui selesai berhubungan seks di luar siklus menstruasi adalah hal yang perlu untuk anda perhatikan. Terutama pada saat pendarahan ini terjadi berulang kali, tindakan paling tepat yang harus anda lakukan ialah dengan memeriksakan diri ke dokter.

Entah pendarahan yang terjadi ketika sedang atau setelah berhubungan seks (atau boleh jadi keduanya), faktor penyebabnya secara umum sama. Paling tidak, dari hal ini alasanmu mengalami pendarahan dalam atau setelah berhubungan seks.

1. Tidak cukup basah

Penyebab paling ringan dari timbulnya pendarahan ialah jika anda tak cukup basah pada saat penetrasi. Karna itu, pastikan anda benar-benar 'siap' sebelum melakukan penetrasi dan tidak ada salahnya menggunakan lubrikasi eksternal bila memang dibutuhkan.

2. Penyakit menular seksual yang tak terdiagnosis

Pendarahan yang terjadi setelah berhubungan seks maka bisa jadi indikasi anda mengalami penyakit menular seksual seperti chlamydia dan gonorrhoea. Inflamasi pada serviks menyebabkan pembuluh darah di area tersebut bisa membengkak.

3. Adanya polip pada serviks

Walau terdengar cukup menyeramkan dan menyebabkan pendarahan yang mengganggu, lesi ini juga cukup mudah untuk ditangani. Polip biasanya tak bersifat kanker dan bisa ditangani dengan operasi minor.

4. Terjangkit infeksi

Walau dapat disebabkan dari chlamydia dan gonorrhoea, infeksi seperti radang panggul juga sangat mungkin terjadi karna adanya bakteri di dalam vagina yang telah menerobos ke serviks dan organ reproduksi lainnya. Hal ini akan semakin mungkin terjadi bila anda sudah mengalami radang panggul sebelumnya, mengalami kerusakan serviks akibat keguguran atau setelah melahirkan, maupun melakukan prosedur medis yang melibatkan pembukaan serviks seperti aborsi.

5. Mengalami endometriosis

Gejala paling umum bila anda mengalami endometriosis ialah rasa nyeri di sekitar panggul terutama pada saat berhubungan seks atau menstruasi, nyeri yang berhubungan dengan usus, dan pendarahan. Adapun yang dimaksud endometriosis ialah kondisi ketika jaringan yang membentuk lapisan dinding rahim justru tumbuh di luar rahim.



Artikel Terkait