Miliarder AS Bunuh Diri di Penjara, Kasus Perdagangan Seks Dihentikan



Seorang miliarder AS, yang bernama Jeffrey Epstein yang terkena kasus perdagangan seks ditemukan meninggal mengenaskan karena bunuh diri di dalam sel tahanan. Pengadilan tingkat pertama di Amerika Serikat memberhentikan kasus kasus itu.

Seperti dilansir dari Reuters, Jumat (30/8/2019), seorang hakim federal pada hari Kamis (29/8), secara resmi menghentikan kasus perdagangan seks kriminal terhadap Jeffrey Epstein. Penghentian ini dilakukan setelah kematian Eipstein.

Hakim Distrik Amerika Serikat (AS), Richard Berman juga telah menyatakan untuk menolak kasus ini dilanjut di persidangan pada Selasa (27/8) . Tapi, jaksa pada kasus ini menegaskan penyelidikan atas dugaan kejahatan Epstein juga masih akan terus berlanjut, dan pemberhentian kasus ini tak akan mencegah mereka untuk menuntut Eipstein yang lainnya di masa depan.

Epstein (66) ditemukan meninggal di dalam sel penjara tempatnya ditahan pada Sabtu (10/8) lalu. FBI dan Departemen Kehakiman AS saat ini sedang menyelidiki kematian tahanan terkemuka ini yang diklasifikasikan karena bunuh diri.

Epstein diketahui bersahabat selama bertahun-tahun dengan banyak politikus dan selebriti, termasuk Presiden Donald Trump dan mantan Presiden Bill Clinton. Ia bunuh diri pada saat ditahan sembari menunggu persidangan untuk dakwaan federal memperdagangkan anak perempuan di bawah umur untuk seks.

Kematiannya terjadi sehari setelah pengadilan merilis dokumen-dokumen yang isinya testimoni korban-korban Epstein, yang salah satunya mengklaim pernah dipaksa berhubungan seks dengan para politikus dan pengusaha terkemuka.

Menurut jaksa federal yang menyelidiki kasus ini, Epstein sudah mengeksploitasi secara seksual belasan remaja di bawah umur dengan yang paling muda berusia 14 tahun di sejumlah rumahnya ada di Manhattan, New York dan Palm Beach, Florida. Tindak pidana ini disebut terjadi antara tahun 2002-2005 lalu.

Epstein terancam hukuman maksimum 45 tahun penjara jika terbukti bersalah atas dakwaan-dakwaan itu. Ia juga telah menyangkal seluruh dakwaan.



Artikel Terkait