Bolehkan Hubungan Intim Tanpa Nikah, Doktor UIN Tolak Prostitusi



Abdul Aziz, Doktor dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan desertasi hubungan intim di luar nikah, menolak prostitusi.

Menurutnya, disertasinya tentang hubungan intim diperbolehkan tanpa nikah tidak berarti menghalalkan prostitusi oleh wanita. "pada konsep Milk Al-Yamin, Syahrur menolak rumah bordil," ungkap Abdul Aziz ketika dihubungi Tempo hari ini, Jumat, 30 Agustus 2019.

Disertasi Abdul Aziz berjudul Milk Al Yamin: Muhammad Syahrur menjadi Keabsahan Hubungan Seksual Non Marital.

Ia menggunakan konsep Milk Al-Yamin dari intelektual muslim asal, Suriah Muhammad Syahrur, yang telah menyatakan seks di luar nikah dalam batasan tertentu tak melanggar syariat Islam.

Menurut Abdul Aziz, pada konsep Milk Al Yamin mustahil untuk perempuan supaya melakukan aktivitas prostitusi. Konsep ini juga melarang wanita berstatus istri melakukan hubungan intim di luar pernikahannya.

Jika wanita itu berstatus cerai atau ditinggal mati sang suami, Aziz melanjutkan, wanita ini juga harus menunggu masa Iddah. Masa itu ialah masa seorang perempuan yang sudah diceraikan oleh suaminya, termasuk cerai mati, menunggu dan menahan diri untuk menikahi laki-laki lain.

Perempuan juga harus menjalani dua kali suci karna menstruasi untuk bisa berhubungan seks dengan lelaki bukan suaminya) pada satu waktu.

Dosen Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta ini juga menjelaskan disertasinya muncul dari kegelisahan dan keprihatinannya terhadap beragam kriminalisasi hubungan intim nonmarital konsensual (hubungan seksual tanpa pernikahan yang dilandasi persetujuan atau kesepakatan).

“Kriminalisasi bertentangan dengan hak asasi manusia,” ungkap Abdul Aziz.

Di sisi lain, ia mengkritik konsep Milk A-Yamin karna gender sebab melarang wanita bersuami melakukan hubungan intim di luar nikah. Sedangkan pria berstatus suami boleh.

                                                                                                                                           



Artikel Terkait